Saat ini saya sedang menempuh pendidikan Pascasarjana. Saya sudah berumur 26 tahun saat menulis ini. Saya bisa disebut sebagai orang dewasa. Saya sudah memiliki KTP dan SIM. Pola pemikiran saya juga tentunya beda dengan anak SMA. Tetapi, ada saja hal bodoh yang saya lakukan yang tidak saya sengaja, entah itu sendiri atau bersama dengan teman. Hal bodoh inilah yang saya pikir gak jauh beda dengan kebodohan anak SD.
Siang itu saya menjemput teman saya bernama Fani. Kebetulan hari itu saya sedang sial karena motor matic saya sedang tidak bersahabat. Dia tidak bisa dinyalakan secara otomatis, harus manual. Kalaupun menyalakan secara manual tentu sangat merepotkan dan bikin capek. Harus mengayuh-ngayuh dulu. Sebelum ke kampus, kami mampir ke ATM dulu. Selesai kami mengambil uang, kami kembali naik motor. Apa yang terjadi? Ternyata motor saya tidak bisa di starter. Aduhhh, payah kan?! Saya coba pake otomatis, gak nyala. Lalu saya pakai manual. Saya kayuh-kayuh tuh starter manualnya.
“ceklekkk…ceklekk” -> suara starter manual
“aduh Fan, gk bisaaaaa. Gimana kalo didorong ke bengkel di belakang?” keluh saya.
“sini aku coba” ucap Fani.
Dia mencoba berulang-ulang tapi tidak bisa. Kami panik, harus melakukan apa. Sudah sekitar 15 menit kita mencoba menyalakan mesin. Tapi tetap tidak bisa. Fani tidak mau menyerah, dia mengutak-atik motor saya. tiba-tiba dia berteriak…
“Aaaaayyyyyy, bodoh banget kita. Kunci motornya belum kamu pasang ke ON. Masih OFF, gimana mau nyala coba?? Biar sampe kiamat juga gak bakal bisa dinyalain.”
Oalahhhhh, kami sama-sama ketawa. Bodohnya diriku. Gitu juga kami gak nyadar selama itu. Saat itu, kami merasa melakukan suatu kebodohan yang benar-benar bodoh. Pesan moral dari cerita ini adalah periksa baik-baik motor anda sebelum dipakai.
Ada lagi nih cerita. Saya bersama teman saya Rani pergi ke Pasar Beringharjo pada hari jumat dengan berbatik ria. Kami melihat-lihat pakaian. Ada beberapa pakaian batik yang saya suka. Saya bingung antara memilih baju batik pertama atau yang kedua ya yang saya pilih? Saya membeli deh yang menurut saya paling bagus. Saya membayar dan kami meninggalkan toko dengan hati gembira diiringi tawa saya dan Rani.
Tiba-tiba ada yang berteriak, “mbak, mbak kembaliiii!!”, saya dengan polosnya bilang “sapa sih teriak-teriak panas-panas gini?”. Ternyata ibu penjual di toko yang saya beli. Dia mengejar saya dan bilang “mbak, bajumu ketinggalan, tolong kembalikan baju saya”.
Ha??
Saya benar-benar merasa bloon, gak “ngeh” maksudnya.
“mbak, itu tolong baju saya jangan dipake” kata ibu toko.
Ya ampunnn!! Saya salah memakai baju! Saya memakai baju dagangannya yang tadi saya coba dan gak jadi saya beli! Setelah saya mencoba baju ternyata gak saya copot bajunya, malah saya terusin pake (padahal gak jd beli yang itu). Abis coraknya hampir mirip sama baju batik milik saya yang saya pakai dari awal. Aduh, malunya bukan main. Gitu teman saya juga gak sadar saya salah memakai baju, ibu toko juga gak sadar saya pake baju dagangannya waktu saya bayar. Saya tau ibunya pengen marah sih, tapi kayanya gak tega liat tampang bloon saya. hiks..
pesan moral dari cerita ini adalah jangan memakai batik kalau mau beli baju batik ke toko batik….T____T
Itu adalah dua cerita kebodohan saya. masih banyak lagi kebodohan yang saya lakukan yang tanpa saya sadari. Seringnya kebodohan yang saya lakukan adalah resleting lupa ditutup, ke kampus pake sandal jepit karena keburu-buru, pernah mau ke kampus tapi balik lagi ke kost karena salah pake sepatu berbeda antara kanan dan kiri. Ngasih duit 50.000 ke tukang parkir, saya pikir duit 1000 (untung pak parkirnya baik mau balikin). Pergi ke warung, gak sadar kalo duit di dompet tinggal 2000. Keasyikan nongkrong di warnet, gak sadar billingnya melebihi uang di dompet, dan kisah lainnya.
Sepertinya saya orang yang ceroboh dan kurang fokus. Mari perbaiki diri sebelum terjadi kebodohan-kebodohan berikutnya :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar